Tukang Listrik Sejasa

Mencegah Korsleting Dengan Jasa Tukang Listrik

Tahukah Anda, bahwa pemadaman listrik berulang kali dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik pada alat listik dan instalasi rumah Anda? Sebelum itu hendaknya Anda mengetahui terlebih dahulu apakah itu korsleting listrik. Biasanya banyak yang menyebut korsleting listrik dengan “KONSLET”. Banyak juga yang mengartikan korsleting listrik sebagai “hubungan arus pendek”. Namun, dari beberapa sumber dapat dirangkum bahwa “Korsleting listrik adalah hubungan tahanan listrik yang sangat kecil, sehingga mengakibatkan aliran arus listrik yang sangat besar. Dalam hal ini, penghantar atau kabel yang bertegangan tersambung secara langsung ke penghantar netral.”

Korsleting ini sangat berbahaya karena jika tidak segera ditangani oleh ahlinya bisa menyebabkan terjadinya ledakan dan kebakaran. Maka Anda bisa memanggil jasa tukang listrik untuk memastikan keadaan listrik di rumah Anda. Tukang Listrik tersebut akan memeriksa apakah penyebab terjadinya korsleting listrik yang bisa mengakibatkan terjadi kebakaran atau masalah berbahaya lainnya. Penyebab utama terjadinya korsleting listrik bisa diakibatkan karena penempelan dua buah kabel yang terkelupas sehingga arus yang bertegangan menempel ke saluran netral.

Tukang Listrik Sejasa

Selain itu korsleting listrik bisa juga disebabkan karena kelalaian saat menyambungkan kabel. Karena itulah Anda perlu berhati-hati saat melakukannya, atau lebih amannya serahkan pada tukang listrik yang professional dan berpengalaman. Atau penyebab tersebut bisa terjadi akibat adanya penumpukan beban yang berlebihan pada sebuah saluran listrik. Karena itulah sangat disarankan pada Anda untuk tidak mengotak-atik atau menyambungkan secara langsung peralatan pengaman baik sekring maupun Mini circuit breaker (MCB) tanpa bantuan tukang listrik yang telah berpengalaman.

Di samping itu Anda juga jangan membiasakan untuk menumpuk steaker dan stop kontak dalam satu sumber listrik. Karena hal ini akan berpotensi menimbulkan panas dan percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran. Lebih baik gunakan stop kontak dan steaker dengan perbandingan yang sama atau gunakanlah stop kontak bergantian. Anda juga sebaiknya menghindari pemasangan instalasi listrik yang menggunakan terlalu banyak sambungan dengan isolasi, karena pada saat isolasi tersebut terkena panas dari arus listrik maka akan mudah memuai dan mengelupas. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kabel listrik secara rutin. Apabila anda menemukan ada kabel yang terkelupas, sebaiknya segera atasi dengan cara membalutnya dengan isolasi atau lebih baik diganti saja dengan kabel baru. Kabel yang terbuka ataupun sedikit rapuh pada bagian plastiknya akan sangat berbahaya jika kedua kabel tersebut menempel dan mengakibatkan terjadinya korsleting. Begitu juga dengan stop kontak yang aus atau tidak rapat, segera ganti dengan yang baru.  Jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa tukang listrik agar lebih aman.

Pergunakanlah peralatan listrik yang berkualitas seperti kabel, stop kontak, lampu, saklar dan lain sebagainyanya. Serta perhatikan pemakaiannya, jangan biarkan alat-alat elektronik dalam rumah Anda terlalu lama menempel pada listrik. Setelah selesai digunakan segera cabut steaker dari stop kontak. Jangan lupa juga selalu awasi anak-anak Anda, jauhkan benda-benda yang memiliki aliran listrik serta perhatikan pemasangan alat-alat listrik agar jauh dari jangkauan mereka.

Untuk pemeriksaan instalasi listrik dalam rumah Anda secara berkala, sebaiknya menggunakan jasa tukang listrik yang ahli. Karena mereka harus memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menangani segala permasalahan yang terjadi berkaitan dengan listrik seperti membedakan tegangan, tahu kapan boleh memegang kabel dan kapan tidak boleh, tahu cara mengukur tegangan dan arus, dapat melakukan tracking kabel yang bermasalah, dan masih banyak lagi. Maka dari itu pilihlah jasa tukang listrik yang ahli dan professional untuk mengatasi segala permasalahan dalam rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *